Minggu, 05 April 2015

Soal UTS Semester Genap Tahun 2015

NASKAH UJIAN TENGAH SEMESTER 2014/2015
Matakuliah                :  PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN
Prodi /Sem.               :  Pendidikan Matematika/Biologi/ IV
Dosen Pembina        :  H. Riswanto,S. Pd, M.Si
Sifat                            :  Take Home Exam

PETUNJUK
a)      Tulislah identitas Anda: Nama, NIM, Prodi/Kelas, No. HP / e-mail pada bagian kanan atas lembar jawaban Anda.
b)       Jawablah semua pertanyaan sedetail-detailnya, bila perlu sertai argumentasi yang logis atau contoh-contoh yang bisa memperjelas jawaban
c)       Dasari jawaban Anda dengan literatur secukupnya dan penalaran atau logika yang cerdas,  tetapi jangan sekali-kali plagiat dari jawaban orang lain (kalau melanggar tiada maaf).
d)      Kirim jawaban Anda selambat-lambatnya hari Senin tanggal 13 April 2015 ke alamat: risonetwo@gmail.com. (lampirkan!)

S O A L
1.     Sejak UU 14/2005 diundangkan, profesionalisme guru dan dosen ramai dibicarakan. (a) Apa yang Anda pahami mengenai profesionalisme guru? (b) Bagaimana sikap Anda selama kuliah ini dalam menyikapi masalah profesionalisme guru tersebut?
2.    Menurut UU 14/2005, pembahasan tentang guru dan dosen dipisahkan. Jelaskan perbedaan esensial profesi guru dan dosen!
3.    Jelaskan persepsi Anda tentang profesi Guru: (a) Persepsi Anda terhadap tugas-tugas keguruan; (b) Persepsi Anda terhadap hubungan guru dan siswa; (c) Persepsi Anda terhadap tugas-tugas non keguruan; (d) Persepsi Anda terhadap status sosial-ekonomi guru; (e) Persepsi Anda terhadap peran guru dalam pembelajaran; (f)  Persepsi Anda terhadap peran guru dalam program sekolah (non pembelajaran).
4.   Menurut penilaian Anda, seberapa kesiapan Anda dalam menjalankan tugas-tugas keguruan (seandainya anda mulai sekarang ini menjadi guru)? Dan upaya apa saja yang Anda lakukan mulai sekarang ini?
5.   Dalam rangka pengembangan diri untuk tugas-tugas non keguruan, menurut Anda, apa saja yang harus dilakukan mulai sekarang ini?

NASKAH UJIAN TENGAH SEMESTER 2014/2015
Matakuliah                :  Pengembangan Program Pemb. Biologi
Prodi /Sem.               :  Pendidikan Biologi/ IV
Dosen Pembina        :  H. Riswanto,S. Pd, M.Si
Sifat                           :  Take Home Exam

PETUNJUK
a)      Tulislah identitas Anda: Nama, NIM, Prodi/Kelas, No. HP / e-mail pada bagian kanan atas lembar jawaban Anda.
b)       Jawablah semua pertanyaan sedetail-detailnya, bila perlu sertai argumentasi yang logis atau contoh-contoh yang bisa memperjelas jawaban
c)       Dasari jawaban Anda dengan literatur secukupnya dan penalaran atau logika yang cerdas,  tetapi jangan sekali-kali plagiat dari jawaban orang lain (kalau melanggar tiada maaf).
d)      Kirim jawaban Anda selambat-lambatnya hari Senin tanggal 13 April 2015 ke alamat: risonetwo@gmail.com. (lampirkan!)

S O A L
1. Jelaskan mengenai Pendekatan Saintifik (5M) !
2. Jelaskan Sintak Pembelajaran Berbasis Proyek !
3. Buatlah Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran pada RPP bila kita menggunakan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Inkuiri !
4. Buatlah Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran pada RPP bila kita menggunakan tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi pada Kegiatan Inti   !

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.